Desa Karangsatria Siapkan Pelayanan Masyarakat Berbasis Online

Desa Karangsatria Siapkan Pelayanan Masyarakat Berbasis Online


TerasKreasi.com
Kepala Desa Karangsatria Kecamatan Tambun Utara, Jaenudin Resan, siapkan pelayanan berbasis online untuk mempermudah masyarakat.

TAMBUN UTARA - Pasca menjuarai Lomba Administrasi dan Inovasi Desa se-Kabupaten Bekasi Tahun 2019 lalu, pemerintah Desa Karangsatria Kecamatan Tambun Utara, terus berinovasi dengan menyiapkan pelayanan berbasis online kepada masyarakat. 

Kepala Desa Karangsatria,  Zaenudin Resan menyampaikan, program berbasis online ini untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, pasalnya masyarakat Desa Karangsatria hampir 70 persen adalah warga perumahan yang mempunyai kesibukan pada siang hari sehingga bisa mengurus pengajuan administrasi desa kapanpun, sehingga mereka tidak perlu antri di kantor desa saat membutuhkan pelayanan.   

"Masyarakat kita sudah majemuk dan sibuk sehingga memudahkan pelayanan dengan online ini, jadi mereka tidak mengantri, bahkan kita bekali petugas RT dan RW dengan telpon seluler," ujar Zaenudin, Senin (13/01).

Dikatakannya bahwa bantuan handphone seluler ini adalah salah satu bantuan dari Gubernur Jawa Barat,  yakni program sapa warga,  sehingga kita manfaatkan juga untuk mendukung program pelayanan umum masyarakat (pelumas) berbasis online.

Ditambahkannya, target yang diharapkan secara jangka panjang yakni dengan berbasis nomor rumah, dengan data di dalamnya adalah surat serta administrasi tanah sampai ke data diri, bahkan jumlah aset yang dimiliki juga akan terdata, sehingga semua warga Karangsatria semua terinventarisir untuk mencegah masuknya radikalisme atau terorisme. 

"Nanti dengan nomor rumah kita akan tahu berapa jumlah penghuninya, berapa jumlah kendaraann yang dimiliki, suratnya sudah sertifikat apa masih AJB, bahkan kita juga akan tahu kontrasepsinya apa, tentu itu semua untuk meminimalisir masuknya teroris di desa kita," tandas kades yang sudah menjabat dua periode ini. 

Selain itu, kata Jaenudin, untuk masyarakat yang belum mempunyai identitas Desa Karangsatria, pihaknya belum bisa memberikan pelayanan secara online.

"Kalau masyarakat belum masuk di database Disdukcapil, kami minta untuk segera menyerahkan data pada kami. Kami juga mohon maaf untuk warga yang masih ngontrak dan belum punya identitas Desa Karangsatria , kami tidak bisa melayani dengan  online," katanya. (Andy Imanuddin)

 

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top