Pemprov Jabar Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Kabupaten Bekasi

Pemprov Jabar Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Kabupaten Bekasi


TerasKreasi.com
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menyerahkan bantuan dari Pemprov Jawa Barat untuk korban banjir di Kabupaten Bekasi di Kantor BPBD Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/1/20). Atas nama masyarakat Kabupaten Bekasi, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat, yang telah peduli dan memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi. Foto : Humas_Kab_Bekasi

CIKARANG PUSAT - Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang telah memberikan bantuan untuk korban banjir di wilayah Kabupaten Bekasi. Penyerahan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tersebut dilakukan saat Ridwan Kamil mengunjungi Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi bersama Komunitas Jabar Bergerak, pada Sabtu (4/1/20).

“Atas nama masyarakat Kabupaten Bekasi, saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat, yang telah peduli dan memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Bupati Bekasi didampingi Muspida dan Perangkat Daerah menyampaikan, untuk wilayah Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir berdasarkan laporan yang diterima, 90% kondisinya sudah berangsur surut. Eka juga mengaku, telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait. Serta telah melakukan evakuasi dan memberikan bantuan langsung ke masyarakat. 

“Kita sudah berkoordinasi dengan semuanya, kita melakukan evakuasi dan bantuan langsung pada malam kejadian,” jelas Eka.

Bupati juga mengungkapkan, Kecamatan Tambun Selatan merupakan daerah paling parah terdampak banjir. Seharusnya di wilayah tersebut dibuat jembatan dan bukan hanya gorong-gorong. Hal itu, diakui mempersulit proses penyerapan air karena debit air semakin bertambah.

“Alhamdulillah pada hari ini sudah mulai surut, masyarakat sudah kembali membersihkan rumahnya masing masing. Kita terkendala, di Kalijambe itu terhalang oleh tol. Harusnya dibuat jembatan, ini hanya dibuat gorong-gorong. Gorong-gorong tidak mampu menampung, sehingga air meluap ke tol,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil menggelar rapat koordinasi untuk mengecek penanganan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Saya menghimbau untuk kepala daerah untuk sigap. Musim hujan baru mulai, jangan sampai kita lengah. Hujan besar itu kategorinya 100 mm, kemarin itu, 4 kali lipat. Semua gorong-gorong, tanggul dan lain lain itu tidak di disain untuk 4 kali dari maksimal. Mungkin bisa menjadi perhatian,” tegasnya.

Ridwan Kamil juga menyampaikan, pihaknya akan melaporkan permasalahn banjir di Jawa Barat ke pemerintah pusat.

"Kita tidak hanya membawa masalah tapi juga membawa solusi. Laporan paling lambat selasa, bisa saya terima. Untuk Kabupaten/Kota yang terdampak, nantinya akan menjadi satu paket solusi Jawa Barat,” ungkap Emil. (hms/ism)


 

Tag:      |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top