Bupati Bekasi Pimpin Langsung Aksi Cepat Peduli Bencana Banjir

Bupati Bekasi Pimpin Langsung Aksi Cepat Peduli Bencana Banjir


TerasKreasi.com
TINJAU BANJIR: Bupati Bekasi H Eka Supria Atmaja saat meninjau titik banjir di RW 15, Kelurahan Jati Mulya, Kecamatan Tambun Selatan Kamsis (1/1/2020)..Eka membagi tugas kepada Kepala OPD untuk menyebar ke 14 Kecamatan atau 21 desa yang terkena banjir. FOTO: HUMAS PEMKAB BEKASI

CIKARANG SELATAN – Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja memimpin langsung aksi cepat peduli bencana banjir yang melanda 14 kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi, (2/1/2020). Sebelum aksi dilakukan, Eka menggelar acara Coffee Morning bersama puluhan media dan diikuti seluruh Kepala Satuan Perangkat Daerah (SKPD). Usai acara, Eka langsung membagi tugas seluruh Kepala SKPD dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyebar ke beberapa titik banjir di 14 kecamatan dan 21 desa di Kabupaten Bekasi.

”Ya banjir ini merupakan musibah bagi masyarakat, oleh sebab itu saya langsung pimpin kegiatan untuk langkah awal memberikan bantuan makanan atau keperluan bagi masyarakat yang terkena bencana banjir. Jadi ini semua perangkat daerah, dan hal ini bentuk dari kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat yang terkena bencana banjir,” kata Eka.

Ia menuturkan, sengaja melibatkan seluruh Kepala SKPD supaya masyarakat yang terkena musibah banjir dapat merasakan bantuan dari pemerintah serta merangsang kepedulian seluruh jajarannya.

”Bantuan awal ini kami tidak menggunakan APBD melainkan swadaya dari masing masing OPD. Adapun dari APBD, sebagian kami berikan melalui BPBD dan Dinas Sosial seperti bantuan dapur umum, serta kebutuhan perahu karet dan air bersih,” jelas Eka.

Untuk jangka panjang Eka menyampaikan, pihaknya sudah memetakan beberapa titik yang rawan banjir dengan membangun perbaikan drainase serta membangun tendon air untuk mengatasi masalah banjir.

”Kami sudah lakukan intervensi anggaran untuk mengalokasi biaya untuk menangani banjir. Jadi harapan kami kalau hujan sebentar atau lama masyarakat tidak merasakan banjir, dan yang terpenting warga juga dapat menjaga kebersihan untuk tidak buang sampah sembarangan atau saluran air.” pungkasnya. (hms/ism)

Tag:      |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top