Puskesmas Cipayung Kampanyekan Program Inovasi Walisongo

Puskesmas Cipayung Kampanyekan Program Inovasi Walisongo


TerasKreasi.com

CIKARANG TIMUR -Guna memaksimalkan penanganan terhadap masyarakat yang mengalami gangguan jiwa Puskesmas Cipayung baru-baru ini mencetuskan Inovasi Walisongo (Warga Peduli Jiwa Stop Pemasungan ODGJ).

Inovasi ini berawal ketika ditemukan banyak pasien yang dipasung di empat desa , yaitu Desa Cipayung, Hegarmanah, Labansari  dan Tanjung Baru . Dari Empat desa tersebut ditemukan lima pasien gangguan jiwa berat yang dipasung .

“Alhamdulillah setelah bekerjasama dengan dinas terkait sekarang pasien pemasungan tersebut sudah bebas pasung dari Tahun 2018,” ucap dr. Merry Indrawati salah satu tenaga medis di Puskesmas Cipayung

Ia menyampaikan tentunya setelah inovasi ini berjalan dengan baik tidak akan berhenti hanya disitu saja , kami masih memberikan pelatihan-pelatihan terhadap kader-kadernya, yang dimana kader akan di latih untuk mengenali gejala-gejala dari gangguan jiwa , baik itu gangguan jiwa berat , atau gangguan jiwa psikososial dan dari kader tersebutlah yang akan melaporkan kepada kami salah satunya melalui bidan desa.

Dikatakannya inovasi ini akan terus berlanjut dengan bekerja sama dengan Dinas Sosial karena sudah ada Program Ispeka juga. “Dengan adanya Ispeka ini ternyata semakin banyak di temukan pasien-pasien dengan gangguan jiwa yang sudah berat dan terlantar”terangnya. (cha/taj)

Tag:    daerah  |  kesehatan  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top